https://www.sman15-bdl.sch.id/

Banyak operator Data PAS yang bingung dan bahkan sampai ada yang menyerah ketika mereka mengirim Data Aplikasi PAS. Saya pun sempat juga bingung ketika Sinkron data yang tidak kunjung sukses. Namun, setelah mencoba terus dan juga bertanya kepada Tim Teknis Aplkasi PAS, akhirnya bisa juga Sinkron dan Data PAS saya sukses terkirim di DAPODIKMEN. Sekarang setelah saya sukses sinkronisasi data PAS punya sekolah, maka sekarang saya akan bagikan kepada Operator-operator data PAS melalui blog ini.
1. Mengapa saya gagal singkronisasi PTK dan harus di sesuaikan data referensi NUPTK??.
Jawaban :
Sejak perubahan kebijakan  nama dari Pendataan Online Pendidikan Menengah ke DAPODIKMEN 2013 pada bulan Juli 2013, NUPTK dijadikan salah satu referensi pendataan, sehingga bila ada NUPTK di aplikasi PAS yang belum terisi datanya atau belum ada di referensi DAPODIKMEN, maka data PTK mengalami kegagalan ketika di sinkron. Langkah yang harus dilakukan yakni :
a. Lengkapi terlebih dahulu data PTK yang sudah ada di referensi NUPTK DAPODIKMEN
b. Sinkronisasi data Pegawai, jika masih ada pesan kegagalan NUPTK, diabaikan saja krn dimungkinkan masih ada PTK yang masih belum sesuai dengan referensi.
c. Setelah itu cek data status PTK sekolah yang bersangkutan di data server DAPODIKMEN.

2. Mengapa Data PTK Sekolah saya di DAPODIKMEN menjadi Nol (0) ?
Jawaban :
karena sekolah yang bersangkutan belum update data PTK yang sudah terisi NUPTK dengan benar sesuai dengan referensi yang tersedia di Server DAPODIKMEN.

3. Mengapa data PTK sekolah saya di DAPODIKMEN berbeda dengan yang ada  di data PAS ?
Jawaban
Operator akan mencoba terus untuk menyesuaikan data antara di PAS dan di DAPODIKMEN, jika ada perbedaaan atau tidak sama, biasanya ada kesalahan tulis. hal ini sering terjadi karena prosesnya melalui copy / paste, sehingga ada spasi di depan atau di belakang NUPTK yang tidak disadari, coba cek sekali lagi. Jika masih ragu, bisa cek di database menggunakan tools sqlyog atau MS Access. Setelah di perbaiki, lakukan Sinkronisasi ulang pegawai. usahakan cache di browsernya di clear dan coba ulang lagi Sinkronisasi Pegawai. Jika masih belum sukses juga, Tekan tombol F5 (refresh). Trik ini biasaya jitu dan sudah banyak operator yang sukses dengan cara ini untuk merefresh data PTK agar sama data antara di PAS dan DAPODIKMEN.
4. Bagaimana NUPTK yang ada direferensi NUPTK DAPODIKMEN ternyata sudah tidak aktif, mutasi dan atau sudah menginggal dunia?
Jawaban :
Bagi Sekolah yang datanya mengalami perubahan PTK karena mutasi, tidak aktif dan meninggal dunia, operator segera melaporkan perubahan NUPTK tersebut ke email budipermana@hotmail.com
 
5. Bagaimana PTK yang masih belum memiliki NUPTK?.
Jawaban :
Bagi PTK yang sudah memilik tapi belum terdaftar di DAPODIKMEN atau PTK yang belum memiliki NUPTK, maka operator bisa mendaftarkan PTK tersebut dengan cara :
a. Login ke DAPODIKMEN dengan username : NPSN dan Password : PIN (yg terdapat pada SI Integrator)
b. Klik Referensi - Formulir NUPTK (tersedia sekali permintaan 10 formulir, namun kalau jumlah PTK lebih dari 10 bisa di daftarkan kembali)
c. Isikan formulir NUPTK dengan lengkap dan benar, bila PTK sudah memiliki NUPTK silakan di isikan pada formulir. Bagi yang belum memiliki NUPTK, di kosongi saja, karena nanti akan di generate oleh sistem dengan awalan 5758 jika sudah di approved.
d. tunggu proses aproved oleh tim pendataan (1x24 jam)
e. untuk melihat sudah di approve atau belum coba pilih menu Status NUPTK
f. Bila sudah di Approved, maka NUPTK tersebut di isi pada aplikasi PAS dan lakukan sinkronisasi ulang.

6. Bagaimana Status NUPTK yang ada di DAPODIKMEN dan apa hubungannya dengan Verval padamu negeri
Status PTK yang belum memiliki NUPTK dan sudah di daftarkan di DAPODIKMEN dengan awalan 5758.... adalah NUPTK yang dijadikan referensi Pendatataan DAPODIKMEN yang sifatnya SEMENTARA. Namun demikian data NUPTK sementara tersebut akan dilaporkan ke PDSP yang terkategorikan menjadi tiga bagian. VALID, INVALID , Sementara. Valid artinya sesuai dengan data yang dimiliki oleh pdsp, Invalid : Entri yang dilakukan tidak sesuai, Sementara : Data NUPTK yang didaftarkan melalui pendataan DAPODIKMEN.
Bagaimana hubungannya dengan program padamu negeri ? sampai dengan artikel ini di tulis, Server DAPODIKMEN tidak terhubung dan terkoneksi dengan program padamu negeri dan tidak saling terkait (terintegrasi satu sama lain).

Semoga jawaban ini bisa membantu operator sekolah yang terkendala dengan Aplikasi PAS.

Sumber Sukari Darno
http://mangkepost.blogspot.com/2013/10/seputar-kegagalan-sinkronisasi-data-pas_3143.html 

Posting Komentar

 
SMAN 15 Bandar Lampung © 2020. All Rights Reserved.
Top