Visi dan Misi SMAN 15 Bandar Lampung


1. Visi

Visi SMA Negeri 15 Bandar Lampung adalah :

” Terwujudnya Insan Religius, Cerdas, Berbudaya, dan Peduli Lingkungan” Visi ini merupakan upaya seluruh warga SMA Negeri 15 Bandar Lampung dalam mencetak dan menghasilkan lulusan berkualitas dari sisi intelektual maupun moral, serta memiliki semangat untuk melestarikan lingkungan hidup, sehingga dapat berkembang sesuai karakter dan budaya bangsa Indonesia, serta bermanfaat untuk bangsa Indonesia sekarang dan masa yang akan datang.

Adapun makna insan religius, cerdas, berbudaya, dan peduli lingkungan adalah sebagai berikut :

  1. Insan Religius adalah insan yang mampu menghayati dan mengamalkan ajaran agamanya dalam beraktivitas dan berinteraksi dengan lingkungan sosial maupun lingkungan hidup, sehingga tampak sebagai insan yang berbudi pekerti luhur.
  2. Insan Cerdas adalah insan yang tajam pikirannya, cerdik, pandai, tanggap, berpengetahuan luas, terampil, berpikir ilmiah, kreatif, inovatif dan logis.
  3. Insan Berbudaya adalah insan yang menyadari bahwa kehidupan di dunia ini melingkupi seluruh makhluk, baik hidup maupun kebendaan sehingga harus dilakukan proses pelestarian budaya  dan tetap dijaga keserasiannya untuk generasi yang akan datang.
  4. Insan Peduli Lingkungan adalah insan yang menyadari bahwa kehidupan di dunia ini melingkupi seluruh makhluk, baik hidup maupun kebendaan sehingga harus dilakukan proses pelestarian lingkungan  dan tetap dijaga keserasiannya untuk generasi yang akan datang.

2. Misi

Dengan mempertimbangkan visi SMA Negeri 15 Bandar Lampung, maka misi SMA Negeri 15 Bandar Lampung adalah sebagai berikut :

1. Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan cerdas, terampil, beriman, bertaqwa, berkarakter, beretika dengan tata karma  dan budaya Lampung, peduli terhadap lingkungan,  memiliki jiwa kewirausahaan, dan memiliki keunggulan kompetitif.

Representasi dari Visi : Religius

Elemen : Beriman bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia (Akhlak Beragama) , Berkebhinnekaan  Global.

2. Mewujudkan proses pembelajaran dengan perangkat kurikulum yang lengkap, mutakhir, dan berwawasan lingkungan.

Representasi dari Visi : Cerdas

Elemen Profil Pelajar Pancasila : Bernalar Kritis

3. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan yang  aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan dan kontekstual.

Representasi dari Visi : Cerdas

Elemen Profil Pelajar Pancasila : Bernalar Kritis, Kreatif.

4. Mewujudkan jumlah murid yang diterima di perguruan tinggi berkualitas tingkat nasional maupun internasional yang semakin tinggi.

Representasi dari Visi : Cerdas

Elemen Profil Pelajar Pancasila : Bernalar Kritis, Berkebhinekaan Global

5. Mewujudkan lulusan yang cerdas dan kompetitif dengan penilaian otentik dan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif , menyenangkan dan kontekstual.

Representasi dari Visi : Cerdas

Elemen Profil Pelajar Pancasila : Bernalar Kritis, Mandiri

6. Mewujudkan kemampuan teknologi informasi dan komunikasi yang tangguh , kemampuan research  yang cerdas dan kompetitif.

Representasi dari Visi : Cerdas

Elemen Profil Pelajar Pancasila : Bernalar Kritis, Mandiri, Berkebhinekaan Global.

7. Mewujudkan proses pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan yang berbudaya, kurikulum merdeka  dan penguatan profil pelajar Pancasila.

Representasi dari Visi : Berbudaya

Elemen Profil Pelajar Pancasila : Beriman bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia (Akhlak kepada Alam)

8. Mewujudkan proses pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan yang  berpeduli lingkungan, kurikulum merdeka  dan penguatan profil pelajar  p
ancasila.

Representasi dari Visi : Peduli lingkungan

Elemen Profil Pelajar Pancasila : Beriman bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia (Akhlak kepada Alam)

3. Tujuan

Tujuan Umum

Untuk mencapai visi dan membentuk Karakter Profil Pelajar Pancasila, maka SMA Negeri 15 Bandar Lampung menciptakan misi sebagai berikut:

  1. Membentuk peserta didik yang beriman, bertanggung jawab dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Mewujudkan lulusan yang unggul dalam bidang akademik dan non akademik;
  3. Mengembangkan karakter peserta didik untuk cinta tanah air;
  4. Meningkatkan budaya literasi;
  5. Mengikuti Pendidikan dan atau pelatihan yang relevan dengan mata pelajaran yang diampu untuk dapat meningkatkan kualitas pengetahuan, keterampilan dan wawasan guru agar lebih professional;
  6. Mewujudkan pendidikan yang mengedepankan pembentukan Profil Pelajar Pancasila baik untuk guru maupun siswa;
  7. Melaksanakan proyek Profil Pelajar Pancasila untuk seluruh peserta didik;
  8. Mengintegrasikan nilai Profil Pelajar Pancasila dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian;
  9. Memfasilitasi pembelajaran dengan mengedepankan persamaan hak;
  10. Membimbing pelajar menghasilkan suatu karya ilmiah yang dapat dipertanggung jawabkan dan tepat guna; dan
  11. Meningkatkan pembelajaran yang dapat mengembangkan peserta didik yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.
  12. Mewujudkan perilaku sikap hidup bersih, sehat dan cinta lingkungan.
  13. Mewujudkan penerapan nilai-nilai budaya yang sehat.
  14. Mewujudkan sekolah adiwiyata sebagai kebanggaan warga sekolah dan masyarakat.
  15. Mewujudkan sekolah yang berwawasan lingkungan menuju Green School. 

Tujuan Khusus

Tujuan yang ingin dicapai SMA Negeri 15 Bandar Lampung sebagai bentuk untuk mewujudkan visi Profil Pelajar Pancasila yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:

1.    Tujuan Jangka Pendek (1 tahun)

a. Membentuk peserta didik yang beriman dan berakhlak mulia

b. Mendorong peserta didik untuk mampu mengkreasikan ide yang dituangkan dalam tulisan atau tindakan yang berakar pada budaya lokal.

c. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang memacu peserta didik bernalar kritis, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan ide dan gagasan.

d. Mengoptimalkan sarana prasarana sekolah yang menunjang peseta didik dalam mngreasikan ide/gagasan yang berakar pada nilai budaya lokal.

e. Menciptakan peserta didik yang mampu bernalar kritis dalam pelaksanaan kegiatan berbasis projek yang mengedepankan jiwa kegotong-royongan

2.    Tujuan Jangka Panjang (4 tahun )

a. Merancang pembelajaran yang mengedepankan ciri khas sekolah dan daerah dalam nuansa kebhinekaan global yang harmonis;

b. Membentuk   peserta   didik   yang   memiliki   kemampuan   daya   saing,   berkarakter, berprestasi dan memiliki pribadi yang beriman, rajin dan taat beribadah serta saling menghargai perbedaan dan mencintai lingkungan dan bangsanya;

c. Menghasilkan  lulusan  yang  mampu  mengimplementasikan  Profil  Pelajar  Pancasila dalam kehidupan nyata;

d. Menjadi pemimpin bagi diri dan temannya untuk menjadi pribadi yang bernalar kritis, tangguh, percaya diri dan bangga dalam kegotong – royongan;

e. Menguasai kecakapan dalam berkomunikasi sosial dan berjiwa kompetitif, kreatif,   dan mandiri yang tetap menjunjung budaya lokal;

f.  Mempunyai life skill yang mampu berdapatasi dengan perekembangan zaman;

g. Mampu mengkreasikan ide/ gagasan yang dituangkan dalam tindakan atau karya yang berakar dari budaya lokal dalam kebhinekaan global;

h. Mempunyai karakter yang sopan, santun dan dan mandiri, kreatif yang mampu bersaing sesuai perkembangan zaman;

i. Menjadikan sekolah sebagai tempat untuk mengembangkan proses perkembangan intelektual, emosional, sosial, ketrampilan dan tumbuh kembang peserta didik sesuai tingkat kemampuan dan kondisi masing masing peserta didik yang mengedepankan nilai gotong royong;

j. Menjadikan masyarakat dan orang tua sebagai mitra bersama dalam menjalankan penyelenggaraan pendidikan sekolah;

k. Terwujudnya insan yang bertakwa dalam berkehidupan yang agamis;

l.   Terbentuknya  insan pendidikan yang percaya diri;

n. Potensi diri siswa berkembang secara maksimal sesuai dengan sifat unik anak;

o. Memperoleh prestasi akademik dan nonakademik;

p. Menghasilkan karya nyata dalam bidang kewirausahaan;

q. Terciptanya suasana pembelajaran yang aman dan nyaman; dan

r. Terwujudnya civitas akademika yang peduli terhadap fungsi lingkungan yang bebas dari pencemaran dan kerusakan lingkungan.