https://www.sman15-bdl.sch.id/

Perangkat Keras Beserta Fungsinya untuk Keperluan Akses Internet

     Komputer merupakan serangkaian peralatan elektronik yang bekerja secara koordinatif dan integratif berdasarkan program sehingga komputer dapat menerima masukan berupa data yang diolah dalam bentuk memori dan menampilkan menjadi suatu informasi.

     Seiring dengan perkembangan jaman, informasi yang kita dapatkan dari komputer semakin luas karna adanya internet. Internet merupakan jaringan yang sangat besar dan mencakup seluruh dunia. Agar bisa terhubung ke internet sebuah komputer membutuhkan perangkat keras (hardware) tambahan.


A. PERANGKAT KERAS UTAMA UNTUK MENGAKSES INTERNET

1. Komputer



Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer  yang digunakan dalam koneksi internet sangat mentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.

Adapun spesifikasi komputer yang digunakan untuk mengakses internet adalah sebagai berikut :
·         Komputer minimal Pentium III dengan menggunakan processor 500 MHz (Mega Hertz)
·         RAM (Random Access Momory), minimal 64 Mb (Mega bytes)

          RAM juga disebut memorI yang mempunyai kegunaan untuk menyimpan masukan data dan perintah yang bersifat sementara.

Dalam komputer terdapat beberapa perangkat seperti:

a. Monitor
Spesifikasi Monitor dibedakan sebagai berikut :
  • CGA (Color Graphics Adapter) monitor jenis ini memiliki resolusi maksimal 640x200. Dan bisa menampilkan 4 warna saja. Jenis monitor ini adalah monitor dengan resolusi kualitas rendah menurut standart IBM.
  • EGA (Enhanced Graphics Adapter), monitor ini memiliki resolusi maksimum 640x350 yang mencukupi untuk penggunaan tingkat tinggi seperti menampilkan mode grafis. Monitor jenis ini mampu menampilkan 16 warna pada bentuk teks (80x25 karakter atau 40x25 karakter).
  • VGA (Video Graphicd Array), monitor ini memiliki resolusi maksimum 800x600, perbedaan jenis EGA dan VGA adalah cara menampilkan pixel yaitu EGA/CGA pixel ditampilkan secara langsung sebagai hasil dari tembakan generator adapter.

         Sedangkan pada VGA, pixel sebelum ditembakkan diolah dulu dalam memori khusus yaitu VGA Card sehingga ketajamannya dapat diatur. VGA mampu menampilkan 128 – 254 warna.   Super VGA, monitor ini memiliki resolusi tertinggi yaitu 1.024x764 dan dapat menampilkan warna mencapai 65.000 warna, termasuk warna perak dan emas. 

b. Memory (RAM)
 


Memori yang digunakan dalam komputer biasa disebut RAM (Random Access Memory). RAM dapat membaca/menyimpan/menulis data atau program. RAM yang bisa digunakan untuk mengakses internet adalah minimal 16 MB. Semakin tinggi suatu memory semakin banyak yang dapat ditampung oleh komputer.

     Data pada RAM bersifat volatif yang artinya data akan hilang apabila komputer dimatikan atau terjadi  pemadaman  listrik.

Sifat dari memory ini adalah sebagai berikut :
  • Temporer, artinya data yang terdapat dalam komputer akan hilang apabila komputer dimatikan.
  • Random, artinya dalam membaca data dilakukan secara acak.
c. Processor Pentium
Processor berfungsi mengolah semua informasi yang dimasukan pengguna komputer serta memberikan hasil sesuai dengan kehendak sang pemakai, dengan demikian semakin tinggi processor semakin cepat pula komputer dalam mengolah perintah. Processor yang bisa digunakan untuk akses internet minimal Pentium 133 MHz. Processor dapat diartikan sebagai otak dari sebuah komputer.

d. Hardisk
Hardisk merupakan tempat menyimpan program/data yang ada dalam komputer. Harddisk yang digunakan minimal adalah 2 GB. Harddisk yang besar mempengaruhi banyaknya software yang disimpan.




2. Modem

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.
       Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

        Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer.
Modem terbagi atas:
a.    Modem Dial Up ( Internal/Eksternal/Cable Modem/Modem ADSL)

Berfungsi untuk mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital menjadi gelombang analog dari kabel telepon sehingga komputer dapat terkoneksi dengan internet. Modem dial up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telpon. Jenis modem dial up ada dua macam yaitu:
1. Modem Internal 
merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.
Keuntungan menggunakan modem internal, antara lain adalah:
a)    Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis
b)   Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyakkabel.
Kelemahan modem internal, sebagai berikut:
a)    Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem
b)   Modem ini membutuhkan daya dari power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.    

2 .Modem eksternal

merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. Modem eksternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik.
Keuntungan modem eksternal:
a)    Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untuk digunakan pada komputer lain
b)   Dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau status dari modem.
Kelemahan dari modem eksternal:
a)    Harga lebih mahal dari pada modem internal

b.   Modem Kabel (Cable Modem)

Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Kecepatannya lebih tinggi dibandingkan dengan modem dialup atau modem ADSL, kecepatan modem kabel maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna).






c.  Modem ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line


ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain. Gunanya untuk memecah sinyal telepon menjadi dua bagian untuk suara dan data.
d. Modem CDMA

Modem CDMA merupakan sebuah modem nirkabel yang bekerja dengan jaringan CDMA serta menggunakan teknologi CDMA. CDMA lebih mengacu pada salah satu dari sekian banyak protokol komunikasi nirkabel generasi kedua (2G) dan generasi ke tiga (3G). CDMA menggunakan frekuensi ultra tinggi yakni 800-1900Hz.



3. Telepon 
     
      Jaringan telepon merupakan salah satu prasyarat untuk terhubung ke internet karena jaringan telepon digunakan untuk meneruskan sinyal dari modem. Proses pada saat modem terhubung dengan telepon dan kita memulai hubungan dengan ISP.

      Proses tersebut sama dengan proses kita menelpon biasa tetapi jika ada telepon masuk pada saat kita menggunakan modem, maka si penelepon akan mendengar nada sibuk dan tidak dapat menghubungi kita. Karena modem dan telepon sangat berkaitan erat maka kecepatan modem sangat berpengaruh terhadap rekening telepon yang harus kita bayar setiap bulan dengan demikian modem yang cepat akan lebih hemat uang dari pada modem yang lambat.
Untuk lebih jelasnya, akses internet juga dapat menggunakan saluran telepon, satelit, dan handphone. Berikut adalah penjelasannya.
a)      Saluran Telepon
Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan computer dengan internet dan juga diikuti dengan penggunaan modem dial-up.
b) Satelit

VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antenna penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari 3 meter. Fungsi utama VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit.
Protokol yang digunakan disebut WAP (Wireless Application Protocol) adalah sebuah protocol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah handphone bisa akses ke internet.

B. PERANGKAT KERAS PENDUKUNG UNTUK MENGAKSES INTERNET

 1. Komputer untuk server

     Komputer  server adalah komputer yang memberi layanan kepada komputer lain (computer client), karena berfungsi memberikan layanan maka pekerjaan yang dilakukan oleh server sangat banyak. Oleh sebab itu komputer server biasanya mempunyai kemampuan yang lebih handal dibanding computer client. Di internet komputer server berfungsi sebagai tempat penyimpanan dokumen-dokumen web dari website tertentu.


2. Komputer untuk Workstation (client)

    Komputer client adalah komputer yang terdapat dalam sebuah jaringan yang berfungsi sebagai penerima layanan. Komputer klien biasanya mempunyai kemampuan yang lebih rendah dari pada komputer server. pada saat kita mengakses internet komputer kita dapat disebut komputer klien karna komputer kita menerima layanan dari komputer server milik website yang kita kunjungi.

3. LAN Card atau NIC ( Network Interface Card )
    Pada komputer MAC  menggunakan satu kotak khusus ynag ditancapkan ke port serial atau SCSI port. Sedangkan pada notebook menggunakan PCMCIA. slot untuk memasang kartu jaringannya. Kartu jaringan yang biasa digunakan adakan kartu jaringan Ethernet dan kartu token ring.


 4. HUB Konsentrator



HUB merupakan perangkat yang menyatukan kabel-kabel jaringan dan tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain. Dengan menggunakan HUB kita dapat menambah workstation setiap saat tanpa mengganggu jaringan lain yang sedang beroprasi.

Ciri-ciri HUB adalah :
·         Umumnya terdiri atas 8 port, 12 port, 24 port, 48 port dengan konektor RJ 45
·          Digunakan pada topologi bintang
·          Harganya terjangkau
·          Mudah digunakan


5. Kabell
Kabel merupakan peralatan yang berfungsi untuk menghubungkan server dengan workstation. Macam-macam kabel antara lain:

a.Kabel coaxial
    kabel coaxial memiliki hubungan antartitik koneksi maksimum 500m. Keuntungan untuk kabel data coaxial adalah harganya yang murah dan tidak membutuhkan HUB.
b. Kabel twisted pair
    Kabel twisted pair terbagi menjadi 2 jenis yaitu shielded dan unshielded. Kabel twisted pair shielded memiliki selubung pembungkus, sedangkat yang unshielded tidak. Untuk koneksinya kabel ini menggunakan konektor jenis RJ-11 atau RJ 45.
c. Kabel fiber optic (FO)
    Jaringan yang menggunakan FO biasanya perusahaan besar, dikarenakan harga dan proses pemasangannya lebih sulit. Kecepatan pengiriman data dengan menggunakan FO lebih dari 100 Mbps dan bebas pengaruh lingkungan.

6. Conector RJ 45

 
  Alat konektor yang dipasangi di setiap ujung kabel UTP yang menghubungkan antar komputer, HUB maupun switch.

  • Kabel UTP
Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) merupakan salah satu media transmisi yang paling banyak digunakan untuk membuat sebuah jaringan local (Local Area Network), selain karena harganya relative murah, mudah dipasang dan cukup bisa diandalkan. Sesuai namanya Unshielded Twisted Pair berarti kabel pasangan berpilin/terbelit (twisted pair) tanpa pelindung (unshielded). Fungsi lilitan ini adalah sebagai eleminasi terhadap induksi dan kebocoran. Sebelumnya ada juga kabel STP (Shielded Twisted Pair), untuk contoh gambarnya dapat dilihat dibawah ini




Untuk pemasangan kabel UTP, terdapat dua jenis pemasangan kabel UTP yang umum digunakan pada jaringan komputer terutama LAN, yaitu Straight Through Cable dan Cross Over Cable

Kabel straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu  dengan ujung yang lainnya. Kabel straight digunakan untuk menghubungkan 2 device yang berbeda. Urutan standar kabel straight adalah seperti dibawah ini yaitu sesuai dengan standar TIA/EIA 368B (yang paling banyak dipakai) atau kadang-kadang juga dipakai  sesuai  standar TIA/EIA 368A sebagai berikut:



Contoh penggunaan kabel straight adalah sebagai berikut:
1.    Menghubungkan antara computer dengan switch
2.    Menghubungkan computer dengan LAN pada modem cable/DSL
3.    Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL
4.    Menghubungkan switch ke router
5.    Menghubungkan hub ke router
- Kabel cross over
Kabel cross over merupakan kabel yang memiliki susunan berbeda antara ujung satu 

- Kabel cross over
Kabel cross over merupakan kabel yang memiliki susunan berbeda antara ujung satu dengan
Contoh penggunaan kabel cross over adalah sebagai berikut:
1.    Menghubungkan 2 buah komputer secara langsung
2.    Menghubungkan 2 buah switch
3.    Menghubungkan 2 buah hub
4.    Menghubungkan switch dengan hub
5.    Menghubungkan komputer dengan router

Dari 8 buah kabel yang ada pada kabel UTP ini (baik pada kabel straight maupun cross over) hanya 4 buah saja yang digunakan untuk mengirim dan menerima data, yaitu kabel pada pin no 1,2,3 dan 6.

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kabel UTP
- Tank Crimping
Tank Crimping adalah alat untuk memotong kabel UTP dan untuk menjepit ujung konektor,dan ini sangat penting sekali bagi kita yang ingin belajar cara mengcrimping kabel,alat ini bentuknya hampir sama dengan Tank biasa yang sering kita lihat atau temui.

- Kabel UTP
        Kabel UTP kita gunakan untuk saling menghubungkan jaringan internet dan di dalam kabel UTP ini terdapat 8 helai kabel kecil yang berwarna-warni.

- Konektor RJ-45
Konektor adalah alat yang kita pasang pada ujung kabel UTP tujuanya agar kabel dapat kita pasang pada port LAN. Konektor RJ-45 harus dipasangkan pada ujung kabel UTP apabila tidak maka Kabel UTP tidak akan berguna.

7. UPS (Uninterupted Power Supply)
    Alat yang berfungsi sebagai back up tegangan alat listrik sekaligus menstabilkan tegangan.

8. Printer
    Printer digunakan untuk mencetak hasil kerja pada kertas komputer. Ketika kita menggunakan internet mungkin kita dapat menggunakan internet unuk menampilkan beberapa informasi dari internet melalui media kertas kerja.

9. Switch
Switch jaringan (atau switch untuk singkatnya) adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC).
Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge.

10. Repeater


Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya .

11. Bridge


Adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet.

12. Router
Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch merupakan suatu jalanan, dan router merupakan penghubung antar jalan.
    Masing-masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai macam alat, dimana masing-masing alat memiliki alamat IP sendiri pada sebuah LAN
sumber : http://www.umboh.net/2011/10/perangkat-keras-untuk-akses-internet.html
 
SMAN 15 Bandar Lampung © 2020. All Rights Reserved.
Top