Memotong Objek Corel Draw

SMAN 15 Bandar Lampung

MEMOTONG OBJEK



F.            MEMOTONG OBJEK
Membuat desain dibutuhkan beberapa teknik aplikasi yang khusus dimiliki oleh Corel, sehingga mempermudah pembuat desain gambar. Fasilitas tersebut dikenal sebagai Shaping. Dalam shaping ada beberapa pilihan yaitu : Weld, Trim, Intersect, Simplify, Front Minus Back, Back Minus Front.
Penjelasan
·           Weld : Digunakan untuk menggabungkan objek, warna akan berubah sesuai dengan objek yang paling belakang.

·           Trim : Digunakan untuk memotong objek yang menumpuk (pemotong adalah objek objek yang berada didepan)

·           Intersect : Merupakan teknik untuk mendapatkan gambar daerah perpotongan dari objek yang dipilih.(dalam matematika biasa disebut dengan istilah Irisan)

·           Simplify : Digunakan untuk memotong objek berdasarkan potongan-potongan tertentu (hasil mirip trim), dengan simplify objek terseleksi lebih dari dua tidak menjadi masalah dengan hasil mirip trim. Sedangkan trim tidak bisa digunakan untuk opsi ini.


Perbedaan Trim dengan Simplify


·           Front Minus Back (depan tanpa belakang) : bagian belakang dipotong dengan bagian depan, objek yang berada dibelakang dan objek yang berada didepan yang bertumpuk akan hilang. Sisanya adalah objek depan yang tidak bertumpuk


·           Back Minus Front (belakang tanpa depan) : bagian depan  dipotong dengan bagian belakang, objek yang berada didepan dan objek yang berada dibelakang yang bertumpuk akan hilang. Sisanya adalah objek belakang yang tidak bertumpuk


Untuk membuat shaping seperti contoh-contoh diatas dengan cara :
  1. Buat objek sesuai dengan kebutuhan
  2. Seleksi semua objek
  3. Lakukan shapeing dengan cara klik salah satu shape yang ada pada Propertybar
    Gambar Icon Shaping pada Propertybar